Sejarah Desa Mrecah


Legenda dan Sejarah Desa Mrecah






Dahulu kala ada kampung di Desa Mrecah yang menjadi sumber penghasil lada yang sangat terkenal. Kampung ini bernama kampung Sa’angan ( artinya : kampung penghasil lada ). Menurut sebagian sumber, dulu kampung Sa’angan merupakan kampung yang cukup makmur dan terkenal sebagai penghasil lada, sehingga banyak orang Belanda dan orang Jawa yang masuk untuk membeli lada dari kampung Sa’angan.
Pada waktu itu pedagang dari Jawa banyak yang membeli lada yang berasal dari kampung Sa’angan. Orang Jawa lebih akrab menyebut kampung Sa’angan dengan sebutan kampung Mrico ( Lada ) yang menggambarkan kampung lada dalam bahasa Jawa.
Karena seringnya pedagang Jawa menyebut kampung Sa’angan dengan sebutan kampung Mrico sehingga orang-orang Madura yang berasal dari luar kampung Sa’angan juga kut-ikutan menyebut dan mengenal kampung Sa’angan dan sekitarnya sebagai kampug Mrico yang diubah ke dialek Madura menjadi Mrecah. Dari situlah tercipta sebuah nama bagi desa dengan nama Mrecah yang dikenal saat ini. Namun nama kampung Sa’angan sendiri tetap dipakai sebagai nama kampung asalnya dan menjadi bagian wilayah pemerintahan desa Mrecah.


0 komentar:

Posting Komentar